Java Jazz Festival 2016 Siap Menghibur Akhir Pekan Penikmat Musik Jazz Indonesia

Dibuka dengan penampilah New West Guitar Group, konferensi pers BNI Jakara International Java Jazz Festival hari Rabu (resmi di buka. Nampak hadir beberapa perwakilan dari Kepolisian,Pemprov DKI Jakarta, Kementrian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, PT. Sinar Sosro, Garuda Indonesia, Transcorp, Avrist Insurance, BNI, serta pihak Java Festival Production.

Pada Java Jazz Festival 2016, terdapat beberapa sponsor yang baru bergabung, salah satunya adalah pihak Trans Corp yang baru pertama kali bergabung bersama Java Jazz Festival 2016. Sempat ditanyakan kepada Dewi Gontha selaku president director dari Java Festival Production mengenai hal yang berbeda dari Java Jazz Festival tahun ini, ia mengatakan bahwa kali ini desain Tanah Toraja lah yang diangkat menjadi tema desain utama dari Java Jazz Festival kali ini. Tidak hanya itu, kali ini tidak tanggung-tanggung Java Festival Production menghadirkan 12 panggung yang berbeda.

Sempat mengalami kesusahan dalam meyakinkan artis mancanegara bahwa Indonesia merupakan negara yang aman, menjadi salah satu tantangan terberat dari tim Java Festival Production. Namun hal tersebut tidak memberikan pengaruh besar terhadap tim Java Jazz Festival yang terus melancarkan kegiatan promosi dengan acara Java Jazz On The Move. Dewi Gontha pun memaparkan bahwa persiapan konstruksi untuk Java Jazz Festival 2016 sudah mencapai 75 %.

Ada pula hal yang spesial pada Java Jazz Festival tahun ini, pemprov DKI memberikan dukungan penuh terhadap terjalinnya acara Java Jazz Festival dengan memberikan keringanan pajak maksimal sebesar 50 %. Hal ini dikarenakan dengan acara kreatif seperti Java Jazz Festival, Jakarta dapat dikenal lebih baik lagi di mata mancanegara dan dapat menarik wisatawan luar untuk berlibur di Jakarta.

Bapak Hendro selaku Kapolres Jakarta Pusat pun mengatakan bahwa Polda akan siap siaga menjaga ketertiban serta kemanan berlangsungnya Java Jazz Festival dengan dibaginya menjadi empat pola ring pengamanan.

Sebagai sponsor utama dari Java Jazz Festival, BNI melalui perwakilannya bapak Anggoro Eko Cahyo memaparkan bahwa BNI akan terus mendukung terjadinya kegiatan positif hasil karya anak bangsa dan akan terus berkomitmen dalam industri kreatif. Hal ini juga ditunjukkan dengan dukungan penuh BNI selama terjadinya ajang festival Jazz ini.

Tidak hanya didukung dari beberapa sponsor ternama seperti Garuda Indonesia, Avrist Insurance, dan Trans Corp, Java Jazz Festival 2016 juga mendapat dukungan dari beberapa duta besar negara lain seperti Meksiko, Itali, dan juga India. Bentuk dukungan diperlihatkan dengan turut hadirnya beberapa musisi jazz mancanegara asal negara tersebut.

Selain musisi lokal dan internasional yang cukup menarik, Java Jazz Festival 2016 pun telah menyiapkan berbagai macam pertunjukkan kolaborasi yang hanya dapat anda saksikan di JIExpo Kemayoran pada tanggal 4,5, dan 6 Maret Mendatang.

Penjualan tiket pun masih berlangsung hingga sekarang dan dapat di akses melalui laman situs resmi Java Jazz Festival 2016.

 

Foto oleh: Geri Laksamana Putra