Kemeriahan Penuh Kejutan di Panggung Grammy 2015

Ajang penghargaan musik tahunan Grammy Awards 2015 baru saja selesai. Seperti biasa, setiap tahun selalu menampilkan hal-hal baru dan positif bagi kancah musik dunia. Begitu pula yang terjadi di tahun ini.

Belum pernah tampil sebelumnya di ajang ini, AC/DC didapuk sebagai pembuka Grammy edisi ke-57 ini. Tampil bersemangat dan enerjik walau sudah tidak muda lagi, Angus Young dkk menampilkan “Rock or Bust” dan lagu andalan mereka, “Highway to Hell” rilisan tahun 1979.

Aksi mengaggumkan juga ditampilkan oleh Pharrell Williams yang membawakan “Happy” dengan bantuan aransemen Hans Zimmer dan Lang Lang di kursi piano. Sekejap, lagu yang membantu Pharrell menyabet Best Pop Solo Performance tersebut terdengar berbeda dan gempita.

Selain Pharrell Williams ada pula kejutan dari Ed Sheeran yang “menggandeng” John Mayer untuk lagu “Thinking Out Loud”, Kanye West yang tampil misterius dengan “Only One”, duet Lady Gaga dan Tony Bennett, kolaborasi Adam Levine, Gwen Stefani menyanyikan “My Heart is Open” dan munculnya Kristen Wiig di koreografi "Chendalier".

Salah satu kolaborasi yang paling ditunggu adalah “FourFiveSeconds” milik Rihanna yang diiringi Paul McCartney dan Kanye West. Selesai bernyanyi, dari bangku tamu undangan Taylor Swift tampak memuji dan melemparkan tepuk tangan untuk lagu yang akan masuk di album baru penyanyi yang akrab disapa Riri tersebut.

Selain para penampil, mereka yang mendapat penghargaan juga agak lain dari biasanya. Penyanyi debutan Sam Smith dengan lagu “Stay with Me” menggondol 4 penghargaan sekaligus, Record of the Year; Song of the Year; Best Pop Vocal Album; Best New Artist.

Penyanyi alternatif, Beck, tak disangka juga mampu menembus penghargaan di tengah ketatnya nominasi Album of the Year. ‘Morning Phase’ secara mengejutkan mengalahkan ‘Beyonce’ milik Beyonce, ‘X’ milik Ed Sheeran, ‘In the Lonely Hour’ punya Sam Smith, dan album ‘G I R L’ Pharrell Williams. Terpilihnya Beck diikuti ekspresi kaget dirinya yang tak menyangka bisa menang di kategori yang tidak mudah ini.

Kejadian lucu terjadi di kala Beck naik ke atas panggung untuk menerima trofi. Kanye West sekonyong-konyong naik ke atas panggung untuk menginterupsi pidato singkat milik Beck.

Di luar penampilan musisi papan atas dan penghargaan yang prestisius, terselip momen indah akurnya Kanye West dan Taylor Swift paska kejadian di MTV Video Music Awards 6 tahun lalu.

 

Foto: Billboard, US Magazine, Ryan Seacrest