[REVIEW] M83 LIVE IN JAKARTA 2016

Rintik Hujan Tidak Padamkan Semangat Concert Goers Untuk Menyaksikan #M83jkt

Lapangan D, Senayan, Jakarta

 

Hujan yang mengguyur ibukota Jakarta sedari sore membuat antrian masuk para concert goers untuk menyaksikan penampilan perdana M83 di Jakarta terlihat sepi. Nampak tidak ada antrian yang menggulung untuk pembelian tiket di loket resmi KiosTix. Hingga pukul 19:00 WIB saat konser dibuka oleh penampilan Bottle Smoker, nampak hanya beberapa baris concert goers saja yang menyaksikan.

Bottle Smoker menghibur para concert goers yang hadir selama kurang lebih 60 menit. Dengan membawakan musik hasil karya orisinil mereka sendiri, Bottle Smoker cukup mendapat apresiasi concert goers yang hadir dengan menyaksikan mereka tanpa peduli dengan rintik hujan yang turun.

Selang 30 menit dari usainya penampilan Bottle Smoker, M83 pun naik ke atas panggung tepat pada pukul 20:35. Concert goers yang sudah menunggu nampak antusias dengan kedatangan band elektronik asal Perancis tersebut. Penampilan perdana M83 tersebut dibuka dengan lagu ‘Reunion’ dari album ‘Hurry Up, We’re Dreaming’ (2011).

Good evening, Jakarta. We’re M83. This is our first time in Jakarta. Thank you for coming despite for the rain.” Ujar Anthony Gonzales, front man dari M83.

Tidak perlu waktu lama untuk membuat para concert goers yang hadir untuk bergoyang bersama alunan musik M83. Baru memainkan lagu kedua yang berjudul ‘Do It, Try It’ yang terdapat pada album terbaru M83, ‘Junk’ (2016), concert goers nampak sudah sangat familiar dengan lagu tersebut dan tidak sungkan untuk bernyayi serta bergoyang. Tata cahaya yang menarik serta kualitas suara yang cukup jernih membuat konser M83 di Jakarta semalam membayar seluruh kegelisahan concert goers atas venue yang kurang maksimal akibat hujan.

Tanpa banyak interaksi, M83 langsung memainkan beberapa lagu tanpa jeda. Seperti Steve McQueen, We Own The Sky, Intro, Walkaway Blues, Ok Pal, dan Bibi The Dog. Penampilan Kaela Sinclair, keyboardis M83 pada lagu We Own The Sky sempat menarik perhatian concert goers yang hadir karena suaranya. 

Concert goers nampak semakin histeris ketika band shoegaze tersebut memainkan intro lagu ‘Midnight City’ dari album ‘Hurry Up, We’re Dreaming’ yang sempat menjadi nominasi album alternative terbaik versi Grammy Awards 2013 serta soundtrack film Warm Bodies tersebut. M83 yang memang terkenal dengan lagu-lagunya yang dijadikan soundtrack film juga membawakan lagu ‘Wait’ (The Fault In Our Stars, Revenge, Gossip Girl), ‘Oblivion’ (Oblivion), dan ‘Outro’ (The Gambler).

M83 membawakan kurang lebih 17 lagu dari album lama hingga terbarunya. Sempat berhenti pada lagu ‘Outroconcert goers yang hadir bersautan “We want more! We want more!) dan M83 pun akhirnya melanjutkan penampilan mereka setelah encore dengan lagu ‘Solitude’. Serentak semua concert goers yang hadir nampak bersemangat kembali.

Konser perdana M83 di Jakarta ditutup dengan lagu ‘Lower Your Eyelids to Die With The Sun’ dari album ‘Before The Dawn Heals Us’ (2005).  Sebuah konser yang cukup memuaskan terutama dari segi tata suara untuk para concert goers dalam menghabiskan malam akhir pekan.

 

Teks oleh: Melina Anggraini

Foto oleh : KiosPLAY